![]() |
Sumber Foto : Eksplorasi |
Tangerang
– Hari Ulang Tahun Pertamina yang ke-59 dimeriahkan dengan kompetisi desain
logo bertemakan “Energi Untuk Ciptakan Karya Mendunia” telah menjaring peserta
lomba sebanyak 17.375 orang peserta. Mayoritas peserta lomba berada di rentang
usia 25-34 tahun, sebanyak 33,5% dan usia 18-24 tahun sebanyak 27,5%. Dari
peserta yang terdaftar, telah terkumpul desain logo sebanyak 20.538. Terhitung
sejak peluncuran pada 2 Juni 2016.
Para
desainer logo harus mengikuti sejumlah persyaratan dan kriteria logo antara
lain desain tidak mengandung unsur SARA, pornografi, ataupun kebencian pada
pihak tertentu, penghinaan terhadap negaradan /atau pemerintah serta
lembaga-lembaga negara. Selain itu karya juga tidak mencitrakan anak di bawah
umur dan/ atau menyinggung pihak tertentu.
Adapun
juri-juri yang ambil bagian dalam kompetisi ini berasal dari Sekretariat
Jenderal Asosiasi Desainer Grafis Indonesia, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Multimedia Nusantara, dan juri internal Pertamina. Bukan hanya itu,
para netizen pun turut andil dalam menilai karya-karya peserta lomba melalui
microsite www.pertamina.com/lombalogo59.
Setelah
berjalan dua bulan lamanya, pada hari ini Pertamina mengumumkan pemenang lomba.
Terdapat 3 kategori pemenang antara lain pemenang utama yang jatuh kepada Agung
Chandra dan berhak membawa pulang hadia uang tunai, voucher BBK, dan produk
pelumas Pertamina senilai total Tiga puluh juta rupiah.
Kategori
berikutnya yaitu pemenang lomba berdasarkan pilihan netizen dengan hadiah uang
tunai, voucher BBK, dan produk pelumas Pertamina senilai total tujuh belas juta
rupiah. Kategori ini dimenangkan oleh Ronny Manurung.
Sedangkan
pemenang hiburan disabet oleh Muhammad Husain Alhas dan Wahyu Hidayat dengan hadiah
berupa uang tunai, voucher BK, dan produk pelumas Pertamina senilai total enam
juta rupiah.
Masing-masing
pemenang dapat membawa pulang hadiahnya saat penyerahan pada ajang GIIAS 2016
nanti.
Hal
menarik yang membuat dewan juri menobatkan karya Agung Chandra sebagai pemenang
Lomba Desain Logo HUT Pertamina ke-59 salah satunya ialah karena sejalan dengan
aspirasi Pertamina dalam mewujudkan kemandirian energi nasional.
Meskipun
karya tersebut telah melalui seleksi ketat dari para juri yang kompeten di bidangnya,
namun Agung sukses menuangkan gagasan yang mencerminkan visi Pertamina ke dalam
desain buatannya.
Dalam
siaran persnya Vice President Corporate Communication Wianda Pusponegoro
mengatakan “hal yang membanggakan bagi kami ini merupakan bukti betapa besar
animo anak muda di tanah air untuk terlibat dalam menuangkan ide bagi Pertamina”.
Pihaknya
sangat mengapresiasi karya-karya yang masuk dalam perlombaan. “Khusus untuk
karya yang terpilih sebagai pemenang utama, akan kami aplikasikan karyanya
sebagai logo HUT Pertamina ke-59 selama paling tidak setahun ke depan,” tutup
Wianda.
Hamdan
Syamsudin
Comments
Post a Comment