Skip to main content

Tips Ngeblog "How To" Dari Pakar Marketing




Seorang pakar marketing bernama Neil Patel membagi tips kepada para penulis blogger bagaimana cara membuat artikel How To dengan mudah dan mendapat banyak pembaca.

 

Halo Semua Pada video kali ini gua mau sharing tips menulis artikel How-To atau dalam artikel berbahasa Indonesia biasanya diawali dengan kata Cara.

Contohnya yang sering banget kita temui di internet yaitu :

 

Cara membuat kue nastar

Cara meningkatkan jumlah follower

Cara menjadi orang kaya tapi ga kerja

Cara melupakan mantan !!! Opss kalo yang satu ini kayaknya gua berat deh.

 

Nah bagi kalian yang mau belajar nulis artikel, maka video ini tepat untuk melatih kemampuan kalian.

Gua pun juga masih belajar nulis. So, melalui video ini yuuk kita sama-zama belajar.

 

 

 

Pertama

Buat tulisanmu seperti sebuah percakapan

 

Menggunakan kata 'kamu' atau 'kalian' dan 'aku' atau 'gue' terkesan lebih akrab ketimbang 'anda' atau 'saya'.

Bahkan ada blogger yang menggunakan kata mimin yang berarti admin sebagai pengganti dari kata 'saya'.

 

Dua panggilan atau kata pengganti tersebut dapat membantu kamu menciptakan artikel yang seolah-olah mengajak pembaca terlibat langsung ke dalam konteks tulisan.

 

Pembaca juga akan mudah menangkap pesan dari apa yang kamu buat karena ada kedekatan dan keakraban dengan si penulis.

 

 

Kedua

Tentukan headline/judul yang menggugah tapi jangan clickbait

 

Tahukah kamu kalau 8 dari 10 orang akan membaca headline tetapi hanya 2 dari 10 saja yang akan mengklik kemudian membaca isinya?

 

Itu artinya sebuah headline sangat menentukan seberapa besar tulisanmu dibaca.

 

Sebagus-bagusnya isi yang kamu buat tapi kalau headlinenya tidak menggugah maka akan percuma.

 

Jadi sebaiknya luangkan juga waktumu untuk memikirkan kata-kata yang membuat orang tergerak untuk segera mengklik judul tersebut.

 

Tapi kamu tidak boleh membuat judul clickbait. Headline seperti ini terkesan menipu atau berlebihan. Antara judul dengan isi tidak memiliki relevansi yang significant. Bahkan berorientasi pada keuntungan semata.

 

Isi konten yang tidak sesuai judul akan membuat pembaca merasa kesal dan kecewa. Hal ini akan membuat kamu tidak memiliki pembaca setia (active reader).

 

Meskipun  pembaca unik per hari (unic reader per day) berjumlah besar namun clickbit akan menurunkan penilaian pembaca terhadap profesionalitasmu. Maka jadilah penulis yang baik.

 

Ketiga

Edukasi pembacamu

 

Mengedukasi pembaca bukan berarti kamu harus menggurui mereka. Tetapi buatlah pembaca tidak bingung terhadap apa yang harus dilakukan setelah selesai membaca.

 

Oleh karena itu paparkan dengan rinci apa saja tahap demi tahap yang harus dilalui dengan bahasa penyampaian yang lugas.

 

Sehingga pembaca akan mengatakan "Oh jadi begitu caranya" atau "artikel ini jelas sekali memberi tahu apa yang harus aku lakukan"

 

Keempat

Pengaruhi dengan berbagai format media

 

Tidak semua orang mampu menangkap pesan dari tulisan saja. Ada pembaca yang lebih nyaman dengan penjelasan video atau intruksi gambar. Karena kemampuan setiap pembaca berbeda-beda.

 

Maka ada baiknya kamu juga membuatnya dalam bentuk video tutorial atau infografik. Langkah ini dapat menjaring semua jenis pembaca.

 

Ada berbagai sumber gratis di internet yang membantu kamu membuat variasi konten. Seperti pixabay unsplash freepik dan Canva

 

Manfaatkan fasilitas tersebut untuk membuat kontenmu lebih bervariasi

 

Kelima

Beri referensi untuk istilah yang kamu tidak ketahui

 

Terkadang ada istilah yang kurang dimengerti ketika membuat tulisan. Biasanya kita akan menjelaskan sepengetahuan kita saja.

 

Nah agar pembaca tidak meragukan kamu sebagai pembuat konten, maka kutiplah sumber yang valid. Bisa juga kamu kaitkan link yang menghantarkan pembaca ke suatu halaman tertentu.

 

Dengan begitu pembaca akan menilai bahwa kamu telah memberikan yang terbaik meskipun ada istilah atau hal yang tidak kamu kuasai.

 

Nah itulah lima tips membuat artikel How-To dari pakar marketing.

Semoga konten ini bisa menambah wawasan kamu untuk memperkaya kualitas tulisanmu.

 

Sekian dulu sharing dari gua.

Jika kamu suka dengan konten ini, silahkan like.

Kalau masih bingung, comment saja.

Share juga ke teman-teman kalian agar semakin banyak orang yang mahir menulis.

Untuk mengetahui konten terbaru dari channel ini, silahkan follow instagram gua.

Well, thanks for watching !!!

Comments

Popular posts from this blog

Darmin Tegaskan Kembali Komitmen Pemerintah Dorong Pertumbuhan Rendah Karbon

Jakarta – Sejak tahun 2013, Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat melakukan kerja sama di bidang perdagangan karbon dengan skema Mekanisme Kredit Bersama atau Join Crediting Mechanism (JCM). Dalam skema ini, institusi Jepang dan Indonesia berinvestasi dalam kegiatan pembangunan rendah karbon di Indonesia melalui insentif dari Pemerintah Jepang.  "Indonesia menyadari, pembangunan rendah karbon adalah sebuah tren baru. Karena itu upaya kita untuk menggenjot ekonomi tak boleh dipisahkan dari pertumbuhan rendah emisi dan pertumbuhan berkelanjutan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam Seminar Nasional Peringatan 3 Tahun Kerjasama Bilateral Kemitraan Pertumbuhan Rendah Karbon antara RI-Jepang, Senin (29/8), di Jakarta.  Hadir dalam acara tersebut antara lain Staf Ahli Bidang Industri dan Perdagangan Internasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laksmi Dhewanti dan Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kozo Honsei. Menuru

Jahja Setiaatmadja Raih CEO of the Year dalam Indonesia Property & Bank Award 2016

bca Jakarta, 18 Agustus 2016   - Kinerja Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Jahja Setiaatmadja dalam memimpin dan mengelola BCA sehingga menjadi bank dengan reputasi dan memiliki prestasi yang membanggakan, membuatnya kembali dianugerahi penghargaan. Kali ini, Jahja menerima penghargaan sebagai CEO of the Year dalam ajang penghargaan Indonesia Property & Bank Award 2016 untuk kategori  Banking . Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (18/8). Jahja mengatakan, "Tahun 2015 dan semester awal 2016 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perekonomian dan industri perbankan Indonesia. Meskipun demikian, di sepanjang tahun ini BCA berhasil mempertahankan soliditas di perbankan nasional serta mampu memanfaatkan berbagai peluang bisnis yang ada. Perkembangan positif BCA tersebut diraih dengan tetap fokus dalam memberikan layanan yang konsisten kepada para nasabah, memperkuat  fra

Tingkatkan Kerja Sama, Euro Management Beri Beasiswa Kepada Para PNS

Jakarta - Sabtu, 15 Juli 2017 Euro Management Indonesia (EMI) dan Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia (YPEI) bekerja sama dengan berbagai instasi memberikan kesempatan untuk belajar bahasa asing bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam bentuk beasiswa. Program bernama Gerakan Indonesia 2030 ini resmi diluncurkan di kantor pusat EMI Jl. R.P Soeroso No. 6 Menteng, Jakarta Pusat. Mengangkat slogan “Sejuta Indonesia di Jantung Dunia”, kerjasama kali ini merupakan yang terbesar dilakukan EMI sejak program ini diadakan. Pasalnya terdapat sejumlah instansi penting yang berhak mengirim para perwakilannya yang berstatus PNS atau ASN untuk mendapatkan pembelajaran bahasa asing. Adapun jumlah instansi yang tercatat yaitu 34 Kementerian, 4 lembaga POLRI, 3 lembaga kejaksaan, 3 lembaga TNI, 22 lembaga pemerintahan non kementerian, 3 lembaga legislatif, 6 lembaga yudikatif, 12 Komisi Nasional Indonesia, 18 perusahaan umum Indonesia, 52 BUMN, 9 Pemkot