Skip to main content

Tips Ngeblog "How To" Dari Pakar Marketing




Seorang pakar marketing bernama Neil Patel membagi tips kepada para penulis blogger bagaimana cara membuat artikel How To dengan mudah dan mendapat banyak pembaca.

 

Halo Semua Pada video kali ini gua mau sharing tips menulis artikel How-To atau dalam artikel berbahasa Indonesia biasanya diawali dengan kata Cara.

Contohnya yang sering banget kita temui di internet yaitu :

 

Cara membuat kue nastar

Cara meningkatkan jumlah follower

Cara menjadi orang kaya tapi ga kerja

Cara melupakan mantan !!! Opss kalo yang satu ini kayaknya gua berat deh.

 

Nah bagi kalian yang mau belajar nulis artikel, maka video ini tepat untuk melatih kemampuan kalian.

Gua pun juga masih belajar nulis. So, melalui video ini yuuk kita sama-zama belajar.

 

 

 

Pertama

Buat tulisanmu seperti sebuah percakapan

 

Menggunakan kata 'kamu' atau 'kalian' dan 'aku' atau 'gue' terkesan lebih akrab ketimbang 'anda' atau 'saya'.

Bahkan ada blogger yang menggunakan kata mimin yang berarti admin sebagai pengganti dari kata 'saya'.

 

Dua panggilan atau kata pengganti tersebut dapat membantu kamu menciptakan artikel yang seolah-olah mengajak pembaca terlibat langsung ke dalam konteks tulisan.

 

Pembaca juga akan mudah menangkap pesan dari apa yang kamu buat karena ada kedekatan dan keakraban dengan si penulis.

 

 

Kedua

Tentukan headline/judul yang menggugah tapi jangan clickbait

 

Tahukah kamu kalau 8 dari 10 orang akan membaca headline tetapi hanya 2 dari 10 saja yang akan mengklik kemudian membaca isinya?

 

Itu artinya sebuah headline sangat menentukan seberapa besar tulisanmu dibaca.

 

Sebagus-bagusnya isi yang kamu buat tapi kalau headlinenya tidak menggugah maka akan percuma.

 

Jadi sebaiknya luangkan juga waktumu untuk memikirkan kata-kata yang membuat orang tergerak untuk segera mengklik judul tersebut.

 

Tapi kamu tidak boleh membuat judul clickbait. Headline seperti ini terkesan menipu atau berlebihan. Antara judul dengan isi tidak memiliki relevansi yang significant. Bahkan berorientasi pada keuntungan semata.

 

Isi konten yang tidak sesuai judul akan membuat pembaca merasa kesal dan kecewa. Hal ini akan membuat kamu tidak memiliki pembaca setia (active reader).

 

Meskipun  pembaca unik per hari (unic reader per day) berjumlah besar namun clickbit akan menurunkan penilaian pembaca terhadap profesionalitasmu. Maka jadilah penulis yang baik.

 

Ketiga

Edukasi pembacamu

 

Mengedukasi pembaca bukan berarti kamu harus menggurui mereka. Tetapi buatlah pembaca tidak bingung terhadap apa yang harus dilakukan setelah selesai membaca.

 

Oleh karena itu paparkan dengan rinci apa saja tahap demi tahap yang harus dilalui dengan bahasa penyampaian yang lugas.

 

Sehingga pembaca akan mengatakan "Oh jadi begitu caranya" atau "artikel ini jelas sekali memberi tahu apa yang harus aku lakukan"

 

Keempat

Pengaruhi dengan berbagai format media

 

Tidak semua orang mampu menangkap pesan dari tulisan saja. Ada pembaca yang lebih nyaman dengan penjelasan video atau intruksi gambar. Karena kemampuan setiap pembaca berbeda-beda.

 

Maka ada baiknya kamu juga membuatnya dalam bentuk video tutorial atau infografik. Langkah ini dapat menjaring semua jenis pembaca.

 

Ada berbagai sumber gratis di internet yang membantu kamu membuat variasi konten. Seperti pixabay unsplash freepik dan Canva

 

Manfaatkan fasilitas tersebut untuk membuat kontenmu lebih bervariasi

 

Kelima

Beri referensi untuk istilah yang kamu tidak ketahui

 

Terkadang ada istilah yang kurang dimengerti ketika membuat tulisan. Biasanya kita akan menjelaskan sepengetahuan kita saja.

 

Nah agar pembaca tidak meragukan kamu sebagai pembuat konten, maka kutiplah sumber yang valid. Bisa juga kamu kaitkan link yang menghantarkan pembaca ke suatu halaman tertentu.

 

Dengan begitu pembaca akan menilai bahwa kamu telah memberikan yang terbaik meskipun ada istilah atau hal yang tidak kamu kuasai.

 

Nah itulah lima tips membuat artikel How-To dari pakar marketing.

Semoga konten ini bisa menambah wawasan kamu untuk memperkaya kualitas tulisanmu.

 

Sekian dulu sharing dari gua.

Jika kamu suka dengan konten ini, silahkan like.

Kalau masih bingung, comment saja.

Share juga ke teman-teman kalian agar semakin banyak orang yang mahir menulis.

Untuk mengetahui konten terbaru dari channel ini, silahkan follow instagram gua.

Well, thanks for watching !!!

Comments

Popular posts from this blog

Tingkatkan Kenyamanan, CGV Blitz Berbenah Diri

Pertumbuhan bisnis layar lebar di Indonesia semakin menunjukkan persaingan yang ketat. Kondisi ini ditandai dengan semakin gencarnya para pelaku bisnis dalam meningkatkan kualitas layanan menonton film bioskop.  Salah satunya dilakukan oleh CGV Blitz. CGV Blitz merupakan jaringan bioskop yang hadir dengan mengedepankan teknologi dan kenyamanan untuk memberikan pengalaman berbeda kepada para penontonnya. Konsep teknologi yang digunakan seperti 3D, 4DX, Screen X, SphereX, dan Dolby Atmos, yang dapat dirasakan dalam beberapa kelas auditorium yaitu Regular Class, Velvet Class, Gold Class, Satin Class, dan Sweetbox. “Kami mengusung konsep cita-cita orang yang berkunjung tidak hanya menonton tetapi juga nongkrong, jajan, dan sebagainya sebagai culture place,” ungkap Head of Programming & Content Department CVG Blitz, Haryani Suwirman dalam Forum Diskusi Lintas Komunitas di Hotel Oria, Menteng – Jakarta Pusat pada Kamis, 29/9/16. Saat ini CGV Blitz telah memilik...

13 Oktober : Ini Film Yang Wajib Anda Tonton

Dunia menetapkan bulan Oktober sebagai bulan peduli kanker payudara internasional. Sejumlah kampanye untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit tersebut tengah digalakkan  termasuk di Indonesia. Bentuk kampanye yang dilakukan beragam. Mulai dari penggunaan atribut serba pink, iklan layanan masyarakat, sampai peluncuran sebuah film.   Dari sekian banyaknya film yang tayang pada bulan Oktober, satu-satunya film di Indonesia yang mengusung tema peduli kanker payudara ialah film Pinky Promise. Dalam film ini terdapat 5 tokoh wanita yang berasal dari latar belakang berbeda-beda namun memiliki satu kesamaan yaitu sama-sama menderita kanker payudara. Mereka dipertemukan satu sama lain dan menjalin hubungan persaudaraan yang begitu kuat. Pinky Promise terinspirasi dari kisah nyata penderita kanker payudara yang berjuang menghadapi penyakit yang dideritanya. Sesama penderita kanker, mereka saling dukung dan memberikan semangat agar tetap kuat dalam menjala...

Update Status Setelah 10 Hari Tidak Online, Akun Facebook Remaja Ini Mendadak Viral

Akun Facebook bernama Afi Nihaya Faradisa langsung kebanjiran komentar pujian. Pasalnya Afi menulis keluh kesahnya yang menginspirasi bagi para pengguna gadget. Tulisan tersebut ia posting setelah sepuluh hari melepaskan ketergantungannya pada perangkat cerdas yang selama ini mempengaruhi pikirannya pada hal-hal yang negatif. Afi merupakan seorang remaja yang masih duduk di bangku SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi. Sekitar pukul 17:47 WIB kemarin, Kamis, 8 Desember 2016 ia menuangkan hasil renungan itu di status Facebook miliknya. Hingga berita ini diterbitkan, tercatat sebanyak 5,9 ribu likes disertai emoticon, 3,8 ribu share, dan 848 komentar telah meramaikan status Afi. Berikut tulisan yang menarik perhatian ribuan netizen dikutip dari postingannya di Facebook. Aku pernah mematikan total hapeku selama 10 hari. Selama itu, aku tidak berhubungan dengan dunia luar sama sekali. Hanya dari situ kau bisa mengamati apa yang gadget dan koneksi internet telah renggut sel...