Skip to main content

7 Tips Ngeblog, Semua Blogger Harus Tau Nih!


Banyak hal yang seharusnya seorang blogger tahu, mulai dari menulis sesuai EYD sampai menulis dengan isi tulisan yang menarik. Dari hal yang banyak itu, ternyata ada hal yang bisa dibilang lebih penting untuk diketahui seorang blogger. Mengapa? Alasannya bisa kalian baca sendiri di point-point berikut ini.

Sebelum lanjut ke point tersebut, terlebih dahulu saya mau kasih tahu kalau ilmu ngeblog ini saya dapatkan dari Ani Berta, seorang blogger profesional. Ani Berta yang biasa disapa dengan Teh Ani menjadi pembicara kegiatan Pelatihan Menulis Blog pada hari Sabtu, 24 Februari 2018 yang diadakan oleh Forum Lingkar Pena Ciputat. So, materi sharing dari beliau udah pasti bermanfaat banget nih buat kalian yang ngaku sebagai blogger.

Jangan Mengganti Nama Domain Blog


Menentukan nama domain blog memang selabil menentukan jurusan kuliah. Ketika sudah menjalani kuliah selama beberapa semester ternyata ada hal yang kita rasa tidak sejalan dengan passion. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah kemudian mendaftar ke jurusan yang baru. Mau tidak mau status maba (mahasiswa baru) harus kita terima lagi. Dan yang menjadi pekerjaan berat ialah mengulang semua materi dasar dari awal.

Seperti itulah kira-kira resiko yang akan kita terima jika mengganti nama domain blog. Dengan mengganti nama domain berarti kita mendaftar ulang nama domain yang baru di sistem internet. Karena nama itu menjadi alamat bagi halaman blog kamu. Orang yang hendak berkunjung tentunya melalui domain tersebut. Maka pertimbangkanlah dengan matang, nama apa yang cocok disematkan sebagai domain kita.

Jika kamu masih bingung menentukan nama domain, bolehlah kamu gunakan namamu sendiri. Lalu, targetkan beberapa bulan untuk menguji apakah nama itu menurutmu cocok. Karena biasanya kita juga butuh proses untuk memantapkan sesuatu keputusan. Jika dalam beberapa bulan itu kamu sudah yakin, maka kamu bisa fokus untuk berkarya sebanyak-banyaknya dan menyebar link domain kamu ke berbagai platform. Selain itu bisa juga saling bertukar link atau yang dikenal dengan backlink ke sejumlah teman blogger.

Pilih Desain Template Dengan Sidebar Di Sebelah Kanan


Sistem Google akan membaca isi sebuah halaman blog dari kiri ke kanan. Sehingga, memilih template blog akan berpengaruh terhadap pencarian di Google. Buktinya, lihat saja media-media arus utama. Mereka menempatkan sidebar di sebelah kanan.

Kamu bisa mencontoh media tersebut untuk mendesain tampilan blog sendiri. Wajar saja, mereka punya operator yang mengerti betul bagaimana cara mengelola website menjadi mudah dicari di Google.

Nah, bagi kamu yang masih menempatkan sidebar di sebelah kiri silahkan ubah ke sebelah kanan agar content blog mu bisa dengan mudah terindeks di mesin pencari Google.

Blogwalking

Jangan sekadar mantap, bagus, good atau kata-kata semacamnya tapi berilah komentar yang berkelas. Komentar yang berbobot akan menarik perhatian si empunya blog. Sehingga, tanpa segan pemilik blog tersebut akan melakukan hal yang sama terhadap blog kita.

Dalam dunia nyata, kita sering tegur sapa dengan banyak orang. Namun tidak semua tegur sapa dapat membuat kita banyak teman dan menjadi lebih dekat dengan orang lain. Buatlah sapaan mu menjadi lebih hangat dan segar.

Cara ini membuat blog mu akan semakin banyak pengunjung dan tentunya pengunjung yang punya perhatian akan perkembangan kualitas content blog. Mereka tidak hanya sekedar menjadi penikmat tulisanmu tetapi juga turut membangun jaringan yang kuat.

Tulislah Baru Poles

Jangan pusing dulu dengan bahasa penyampaian atau poin yang kami ingin sampaikan. Hal ini akan membuat kamu tak kunjung menyelesaikan tulisan. Tuangkanlah semua yang ada di pikiranmu setelah kamu merasa tidak ada lagi yang mengganjal, maka poleslah menjadi sesuatu yang menarik dan terkesan harmonis.

Tetapi perhatikan nilai apa yang akan kamu sampaikan. Apakah sudah sesuai tujuan kamu menulis atau malah tidak fokus. Selain itu, sesuaikan polesan mu dengan target pembaca. Jika kamu tidak terlalu berhasrat untuk mempublikasi tulisan, jeda beberapa lama untuk meninggalkan hasil kerjamu lalu luangkan kembali waktu mu untuk merenungi apa yang telah kamu buat.

Biasanya ada saja hal yang ternyata masih kurang pada tulisanmu. Hal ini karena, kamu melihat tulisanmu dari sudut pandang pembaca dan tidak lagi dipengaruhi oleh sisi penulis. Inilah waktunya kamu beri sentuhan terakhir sebelum dibaca banyak orang.

Posting Semua Link Tulisanmu Di G+

 Google Plus lebih dari sosial media dalam hal seberapa kuat pengaruh indeks yang dirasakan. Mungkin banyak yang bertanya apakah Google Plus sama dengan sosial media (sosmed) pada umumnya. Sebenarnya bisa dibilang sama. Tetapi yang menjadikan Google Plus lebih dari sosial media pada umumnya ialah, platform ini merupakan anak emasnya Google. Dengan kata lain pencarian akan lebih cepat ditemukan apabila kamu lebih sering memposting tulisan di sosmed milik Google ini. Biasanya jika kamu baru saja selesai memposting tulisan di blog, maka akan muncul pemberitahuan untuk memposting link tersebut ke akun G+.

Google memang merajai informasi yang tersebar di dunia maya. Mereka tidak ingin informasi yang dibuat di blog – dimana blog sendiri merupakan platform milik Google, tersebar begitu saja. Oleh karena itu dengan danya G+ informasi di dunia maya tetap bersumber di Google. Dengan ini kamu jadi tahu kan, gimana mereka bisa disebut sebagai Rajanya Informasi Dunia.

Headline Yang Kuat

Mana mungkin orang akan terpengaruh untuk mengeklik tulisan dengan judulnya yang biasa saja. Nah, bagian ini yang menjadi strategi para blogger profesional untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Headline atau judul merupakan pintu masuk untuk melihat isi tulisan kita. Menurut, salah satu ahli marketing Neil Patel, 80% peselancar dunia maya hanya membaca judul saja tanpa mengtahui apa yang terkandung di dalamnya. Mungkin kita juga termasuk ke dalam 80% tersebut mengingat tingkat kemauan membaca orang Indonesia masih rendah.

Jadi, sudah seharusnya penulis bloger memasang headline yang membuat orang tidak bisa melewatkan headline kamu tanpa melakukan suatu tindakan yaitu mengeklik judul tersebut. Kalau perlu, porsikan 50% waktu mu dalam menulis hanya untuk memikirkan apa judul yang tepat. Pembagian waktu tersebut juga berdasarkan rekomendasi dari Neil Patel lho! So, terapkan saja apa kata master ya guys.

Tapi kamu juga jangan lebay. Isi tulisanmu juga harus sesuai judul. Karena saat ini banyak sekali judul yang terkesan menarik tetapi ternyata isinya tidak relevan. Jenis headline yang seperti ini biasa di sebut clickbait. Clickbait memiliki daya tarik yang kuat tetapi terkesan menipu.

Satu lagi yang kamu tidak harus tahu ialah sisipkan kata kunci pada headline. Lalu sebar kata kunci itu pada bagian isi tulisan. Sebar di sini bukan berarti di setiap paragraf mengandung kata kunci. Cukup 3 kata kunci yang terkandung di paragraf pertama dan ke tiga. Selebihnya bisa ditempatkan di beberapa bagian yang menurutmu pas dan tidak mengurangi kualitas tulisan. Ingat, jangan melebihi 5 kata kunci.

Jadi Diri Sendiri And No Copas


Kebanyakan orang akan lata dengan gaya blogging penulis terkenal, namun yang harus diperhatikan ialah jangan meniru percis tetapi kamu harus jadi diri sendiri. Banyak yang merasa kalau tulisannya tidak bagus karena kurang percaya diri. Tapi ketahuilah asumsi seperti itu akan membutakanmu.

Kamu belum tahu jika ternyata point of view seseorang terhadap hasil karyamu mungkin saja membuat mereka tertarik. Boleh jadi kekhasan yang kamu miliki ternyata menimbulkan karya yang bagus dan berkelas. Mulailah percaya diri dan buktikan kenyataan bahwa tulisanmu bagus dari sudut pandang kebanyakan orang.

Jika suatu waktu kamu mengetahui bahwa karyamu tidak sebagus yang kamu pikirkan, maka ini saatmya kamu mencari inspirasi untuk menghasilkan keunikan lain. Pelajari terus bagaimana blogger profesional merangkai sebuah tulisan hingga dibaca banyak orang serta mendapatkan respon yang bagus. Cara ini diperbolehkan.

Usahakan sebisa mungkin jangan menjiplak atau tindakan lain semacamnya. Teruslah menambah insight terhadap suatu bidang yang kamu geluti. Lalu tekuni dan buat inovasi sebaik mungkin. Karena inovasi tidak akan habis dan setiap blogger pemula punya kesempatan yang sama dengan blogger profesional.  

Comments

  1. Betul... Pikiran nama blog mu.... Kalau saya darustation.com terkadant saya di panggil Ndaru... yang penting filosofi nya... sejarah selalu terkait dgn kepribadiannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Darmin Tegaskan Kembali Komitmen Pemerintah Dorong Pertumbuhan Rendah Karbon

Jakarta – Sejak tahun 2013, Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat melakukan kerja sama di bidang perdagangan karbon dengan skema Mekanisme Kredit Bersama atau Join Crediting Mechanism (JCM). Dalam skema ini, institusi Jepang dan Indonesia berinvestasi dalam kegiatan pembangunan rendah karbon di Indonesia melalui insentif dari Pemerintah Jepang.  "Indonesia menyadari, pembangunan rendah karbon adalah sebuah tren baru. Karena itu upaya kita untuk menggenjot ekonomi tak boleh dipisahkan dari pertumbuhan rendah emisi dan pertumbuhan berkelanjutan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam Seminar Nasional Peringatan 3 Tahun Kerjasama Bilateral Kemitraan Pertumbuhan Rendah Karbon antara RI-Jepang, Senin (29/8), di Jakarta.  Hadir dalam acara tersebut antara lain Staf Ahli Bidang Industri dan Perdagangan Internasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laksmi Dhewanti dan Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kozo Honsei. Menuru

Jahja Setiaatmadja Raih CEO of the Year dalam Indonesia Property & Bank Award 2016

bca Jakarta, 18 Agustus 2016   - Kinerja Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Jahja Setiaatmadja dalam memimpin dan mengelola BCA sehingga menjadi bank dengan reputasi dan memiliki prestasi yang membanggakan, membuatnya kembali dianugerahi penghargaan. Kali ini, Jahja menerima penghargaan sebagai CEO of the Year dalam ajang penghargaan Indonesia Property & Bank Award 2016 untuk kategori  Banking . Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (18/8). Jahja mengatakan, "Tahun 2015 dan semester awal 2016 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perekonomian dan industri perbankan Indonesia. Meskipun demikian, di sepanjang tahun ini BCA berhasil mempertahankan soliditas di perbankan nasional serta mampu memanfaatkan berbagai peluang bisnis yang ada. Perkembangan positif BCA tersebut diraih dengan tetap fokus dalam memberikan layanan yang konsisten kepada para nasabah, memperkuat  fra

Tingkatkan Kerja Sama, Euro Management Beri Beasiswa Kepada Para PNS

Jakarta - Sabtu, 15 Juli 2017 Euro Management Indonesia (EMI) dan Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia (YPEI) bekerja sama dengan berbagai instasi memberikan kesempatan untuk belajar bahasa asing bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam bentuk beasiswa. Program bernama Gerakan Indonesia 2030 ini resmi diluncurkan di kantor pusat EMI Jl. R.P Soeroso No. 6 Menteng, Jakarta Pusat. Mengangkat slogan “Sejuta Indonesia di Jantung Dunia”, kerjasama kali ini merupakan yang terbesar dilakukan EMI sejak program ini diadakan. Pasalnya terdapat sejumlah instansi penting yang berhak mengirim para perwakilannya yang berstatus PNS atau ASN untuk mendapatkan pembelajaran bahasa asing. Adapun jumlah instansi yang tercatat yaitu 34 Kementerian, 4 lembaga POLRI, 3 lembaga kejaksaan, 3 lembaga TNI, 22 lembaga pemerintahan non kementerian, 3 lembaga legislatif, 6 lembaga yudikatif, 12 Komisi Nasional Indonesia, 18 perusahaan umum Indonesia, 52 BUMN, 9 Pemkot