Skip to main content

IHSG Berhasil Menguat 0,42% dalam Sepekan

Sumber : Bisnis.com

Jakarta – Performa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir berhasil mengalami penguatan 0,42% atau 22,796 poin ke posisi 5.438,83 poin dibandingkan penutupan di akhir pekan lalu yang berada pada level 5.416,04 poin. Seiring dengan laju penguatan IHSG, nilai kapitalisasi pasar saham Indonesia juga mengalami penguatan 0,45% ke posisi Rp5.858,82 triliun dibandingkan Rp5,832,30 triliun sepekan sebelumnya.

Investor asing mencatatkan nilai beli bersih Rp39,76 miliar di sepanjang pekan ini. Rata-rata volume transaksi perdagangan harian di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 22 hingga 26 Agustus 2016 juga terpantau menguat 17,98% ke posisi 8,45 miliar unit saham dari sebelumnya 7,16 miliar unit saham. Rata-rata nilai transaksi perdagangan harian berubah 16,02% ke posisi Rp7,15 triliun dari Rp8,51 triliun di akhir pekan lalu. Rata-rata frekuensi perdagangan harian saham juga mengalami perubahan 5,21% ke posisi 280,59 ribu kali transaksi dari 296 ribu kali transaksi.

Pada Jumat (26/08), Efek Beragun Aset Berbentuk Surat Partisipasi SMF-BMRI 01 Kelas A yang diterbitkan oleh PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) mulai dicatatkan di BEI. Efek Beragun Aset Berbentuk Surat Partisipasi SMF-BMRI 01 Kelas A dicatatkan dengan nilai total nominal sebesar Rp456.50 miliar. Lalu pada hari yang sama, Obligasi Berkelanjutan Indonesia Eximbank III Tahap II Tahun 2016 yang diterbitkan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia mulai dicatatkan di BEI.  Obligasi Berkelanjutan Indonesia Eximbank III Tahap II Tahun 2016 dicatatkan dengan nilai nominal sebesar Rp4,33 triliun.

BEI juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi pasar modal kepada masyarakat melalui serangkaian yang dilakukan di sepanjang pekan ini seperti Forum Calon Investor dan Sosialisasi Yuk Nabung Saham di KP Manado, serta Sekolah Pasar Modal di KP Makassar. BEI bersama Self Regulatory Organizations (SRO) lainnya dengan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mengadakan acara Perkenalan dan Penjelasan Permainan Investasi Pasar Modal – Nabung Saham Go & Stocklab di Main Hall BEI pada Selasa (23/8) serta Kompetisi Permainan Investasi Pasar Modal Stocklab di Main Hall BEI Sabtu (27/8).
 
Sesuai dengan komitmen BEI dalam membantu menyosialisasikan penerapan Amnesti Pajak, BEI juga masih menyediakan Layanan Terpadu Satu Atap “Yuk Tanya Amnesti Pajak” di Main Hall BEI serta melakukan sosialisasi ke berbagai daerah. Salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh BEI adalah dengan menyelenggarakan Workshop Wartawan Daerah di Manado, Lampung, dan Makassar.
 
Pada Senin (22/8), BEI melalui Kantor Perwakilan Manado bersama Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut). BEI melalui Kantor Perwakilan Lampung mengadakan kegiatan Workshop Wartawan Provinsi Lampung yang diselenggarakan pada Selasa di Hotel Grand Anugerah Lampung JL. Raden Intan Bandar Lampung.

BEI melalui Kantor Perwakilan Makassar bersama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dengan menggandeng DJP Kementerian Keuangan Republik Indonesia Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan dan didukung oleh OJK juga menggelar acara Workshop Wartawan Daerah di Makassar pada Kamis (25/8). Tidak hanya itu, sehari sebelumnya BEI juga melakukan kunjungan ke media lokal setempat yakni ke Harian Fajar dan Ujungpandang untuk mengajak kedua media tersebut agar mau berperan serta melakukan sosialisasi dan edukasi kepada khalayak mengenai Amnesti Pajak dan investasi di pasar modal Indonesia.


Sedangkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tinggi di bidang pasar modal, BEI menyelenggarakan Career Fair Indonesia Capital Market di SBM ITB pada 26 hingga 27 Agustus 2016 dan di UGM pada 27 hingga 28 Agustus 2016. Sedangkan untuk menjalin kerja sama yang baik, pada pekan ini, BEI kembali mengundang stakeholders untuk membuka perdagangan setiap harinya seperti Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM) dan Universitas Mercu Buana.

Comments

Popular posts from this blog

Darmin Tegaskan Kembali Komitmen Pemerintah Dorong Pertumbuhan Rendah Karbon

Jakarta – Sejak tahun 2013, Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat melakukan kerja sama di bidang perdagangan karbon dengan skema Mekanisme Kredit Bersama atau Join Crediting Mechanism (JCM). Dalam skema ini, institusi Jepang dan Indonesia berinvestasi dalam kegiatan pembangunan rendah karbon di Indonesia melalui insentif dari Pemerintah Jepang.  "Indonesia menyadari, pembangunan rendah karbon adalah sebuah tren baru. Karena itu upaya kita untuk menggenjot ekonomi tak boleh dipisahkan dari pertumbuhan rendah emisi dan pertumbuhan berkelanjutan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam Seminar Nasional Peringatan 3 Tahun Kerjasama Bilateral Kemitraan Pertumbuhan Rendah Karbon antara RI-Jepang, Senin (29/8), di Jakarta.  Hadir dalam acara tersebut antara lain Staf Ahli Bidang Industri dan Perdagangan Internasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laksmi Dhewanti dan Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kozo Honsei. Menuru

Jahja Setiaatmadja Raih CEO of the Year dalam Indonesia Property & Bank Award 2016

bca Jakarta, 18 Agustus 2016   - Kinerja Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Jahja Setiaatmadja dalam memimpin dan mengelola BCA sehingga menjadi bank dengan reputasi dan memiliki prestasi yang membanggakan, membuatnya kembali dianugerahi penghargaan. Kali ini, Jahja menerima penghargaan sebagai CEO of the Year dalam ajang penghargaan Indonesia Property & Bank Award 2016 untuk kategori  Banking . Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (18/8). Jahja mengatakan, "Tahun 2015 dan semester awal 2016 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perekonomian dan industri perbankan Indonesia. Meskipun demikian, di sepanjang tahun ini BCA berhasil mempertahankan soliditas di perbankan nasional serta mampu memanfaatkan berbagai peluang bisnis yang ada. Perkembangan positif BCA tersebut diraih dengan tetap fokus dalam memberikan layanan yang konsisten kepada para nasabah, memperkuat  fra

Tingkatkan Kerja Sama, Euro Management Beri Beasiswa Kepada Para PNS

Jakarta - Sabtu, 15 Juli 2017 Euro Management Indonesia (EMI) dan Yayasan Pendidikan Eropa Indonesia (YPEI) bekerja sama dengan berbagai instasi memberikan kesempatan untuk belajar bahasa asing bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam bentuk beasiswa. Program bernama Gerakan Indonesia 2030 ini resmi diluncurkan di kantor pusat EMI Jl. R.P Soeroso No. 6 Menteng, Jakarta Pusat. Mengangkat slogan “Sejuta Indonesia di Jantung Dunia”, kerjasama kali ini merupakan yang terbesar dilakukan EMI sejak program ini diadakan. Pasalnya terdapat sejumlah instansi penting yang berhak mengirim para perwakilannya yang berstatus PNS atau ASN untuk mendapatkan pembelajaran bahasa asing. Adapun jumlah instansi yang tercatat yaitu 34 Kementerian, 4 lembaga POLRI, 3 lembaga kejaksaan, 3 lembaga TNI, 22 lembaga pemerintahan non kementerian, 3 lembaga legislatif, 6 lembaga yudikatif, 12 Komisi Nasional Indonesia, 18 perusahaan umum Indonesia, 52 BUMN, 9 Pemkot